Halo sahabat properti..

Ada inovasi baru nih di dunia properti yang tentunya menghasilkan sesuatu unik dan bermanfaat dong.. Apasih kira kira inovasi baru yang muncul? Mau tau? Cekidot yuk!

Nah,,Sebuah inovasi unik kembali muncul dari seorang Firma arsitek asal Spanyol MuDD yang membuat sebuah struktur bangunan ringan menggunakan drone. Waw kok bisa ya? Gimana caranya?

Jadi, struktur bangunan yang pertama kali dibuat yakni sebuah purwarupa yang terbuat dari bambu dan dibungkus kain. Kemudian purwarupa tersebut disemprot semen dengan menggunakan drone yang telah dihubungkan dengan selang panjang. Teknik semprotan drone ini dikembangkan oleh perusahaan drone dan peneliti Euromair dan Catholic University of Louvain di Perancis.

“Bangunan dengan bahan-bahan lokal seperti bambu, tanah liat, pasir, dan sekam padi menawarkan faktor keberlanjutan yang tinggi,” ujar principal MuDD, Stephanie Chaltiel.

Biasanya metode ini digunakan untuk apa sih?

Metode penyemprotan semen menggunakan drone ini banyak digunakan ketika membangun sebuah tempat penampungan sementara di daerah bencana untuk tempat pengungsian. Wahh berguna sekali yaa bisa digunakan untuk membantu orang orang yang terkena bencana :). 

Eitss bukan cuma itu lo.. Tapi, metode ini terkadang juga digunakan untuk membangun bangunan bangunan yang besar di kota kota modern.

Lalu apasih kekurangan dan kelebihan dari metode penyemprotan ini?

Yaa..dalam menciptakan segala sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangan. Sama halnya manusia walaupun dikatakan makhluk yang paling sempurna tapi juga masih mempunyai kekurangan kan? Hehe.

Jadi guys, kekurangan dari teknik semprot menggunakan drone ini yaitu membutuhkan tenaga, waktu dan biaya lebih banyak dibanding dengan menggunakan bahan yang biasa. Salah satunya yaitu masih membutuhkan beberapa orang untuk mengoperasikannya secara manual. 

Dalam hal waktu juga membutuhkan waktu yang lama misalnya dalam menyemprotkan semen ke sebuah struktur yang sederhana harus membutuhkan waktu selama lima hari.

Nah.. Dibalik kekurangan tersebut tentu terdapat kelebihan yang bisa diperoleh dari penggunaan teknik penyemprotan menggunakan drone yakni memungkinkan semen digunakan pada banguna yang tinggi serta pada fasad dengan bentuk bebas.

Itu tadi pembahasan tentang sebuah inovasi unik yakni metode penyemprotan yang mungkin bisa kalian terapkan .Semoga bermanfaat 🙂


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *