Negeri +62 yang diapit oleh 2 samudera dan 2 benua ini memang penuh dengan kejutan, ga disangka lho ada rumah mungil kecil di tengah pemukiman padat kota Jakarta bisa menarik mata dunia sampai dapat penghargaan. Tapi memang desainnya keren banget sih!

Penghargaan ini berasal dari pagelaran Architizer Award yang berbasis di New York, Amerika Serikat yang disematkan kepada rumah bernama ‘The Twins’ atas desainnya.

Namanya The Twins kembar kali yak, hmm… kalau begitu markidot, mari kita cekidot.

https://delution.co.id/en/project/detail/the-twins

Hunian The Twins ini berlokasi di salah satu gang sempit di Cipulir, Jakarta Selatan dan didesain oleh Delution, sebuah perusahaan arsitektur anak bangsa. Melansir dari akun instagram @delution_architect, Senin 14 September 2020, The Twins berhasil keluar sebagai pemenang pada kategori Small Architecture+ Small Living by People Choice.

The Twins harus berjibaku dengan 5.000 karya arsitektur dari 100 lebih negara di dunia. Delution membangun rumah tapak ini sejak 2018 dan rampung digarap pada tahun 2019.

https://delution.co.id/en/project/detail/the-twins

Menurut keterangan dari website resmi Delution, hunian The Twins ini didirikan pada lahan seluas 70 meter persegi, di tengah pemukiman padat penduduk dengan luas bangunan 73 meter persegi.

Oh ya, namanya juga gang sempit jadi akses buat ke rumah ini ya cuma ada gang selebar 1,5 meter yang hanya bisa dilewati pake motor atau jalan kaki.

https://delution.co.id/en/project/detail/the-twins

Ada hal unik lainnya juga guys, yaitu konsep pembangunannya yang disebut dengan rumah tumbuh, kok tumbuh macem tumbuhan aja ya hehe. Maksudnya, Delution menggarap rumah ini secara bertahap, dibagi jadi tiga fase.

Fase I dengan budget Rp 150 juta. Fase II makan biaya Rp 200 juta, itu sudah termasuk pembangunan atap. Yang terakhir fase III yang habis duit Rp 100 juta.

“Kami menyadari bahwa kami perlu mengeluarkan sedikit uang ekstra untuk membangun rumah, untuk menyiasati kami mencoba merancang rumah tumbuh yang dapat dibangun dalam beberapa fase,” ungkap CEO Delution, Muhammad Egha, sebagaimana dilansir dari Detik.com, Senin, 14 September 2020.

https://delution.co.id/en/project/detail/the-twins

Nah, The Twins ini sendiri ada dua bangunan tapi ukurannya beda. Satu rumah punya kamar tidur dengan kamar mandi dan ruang keluarga. Sedangkan satunya lagi punya dua kamar tidur dengan kamar mandi, dapur, dan ruang makan untuk empat orang.

Dua bangunan ini didirikan dalam satu petak tanah, terus dihubungkan pake pintu kaca yang bisa dibuka dan dipasang kapan saja guna menciptakan ruangan multiguna yang lebih luas.

The Twins ini didesain oleh tiga orang, yaitu CEO nya sendiri Muhammad Egha dan dibantu dua temannya Fahmy Desrizal dan Hezby Ryandi. Mereka juga dibantu oleh tim teknis yang terdiri dari Defi Andri dan Haidar Majid.

Disadur dari rumah.com


Categories: Desain Rumah

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *