Bangun rumah memang tidak mudah. Butuh banyak tenaga, pikiran dan tentu saja uang. Khususnya uang, sekaya apapun kita, pasti akan lebih senang jika kita bisa menghemat biaya pembangunan. Siapa sih yang mau boros? Setidaknya jika beli mahal, setimpal dengan kualitasnya bukan?! Nah begini cara untuk menghemat biaya pembangunan rumah.

Bikin rencana yang matang. Konsultasikan ke ahlinya

Rencana harus matang karena bangun rumah itu teknis banget. Lagi pula gak bisa kita bangun atap dulu tanpa harus ada penyangganya bukan? Konsultasi ke ahlinya itu lebih baik. Mungkin akan ada biaya tambahan, tapi bisa lebih irit daripada salah di saat pembangunan.

Bikin desain yang simpel.

Banyak kok desain simpel tapi tetap menarik dan uptodate. Desain memang selera, tapi banyak sekali cara menghematnya. Sekomplek apapun desain Anda, perlu kita sederhanakan. Misalnya saja, kolom berdekatan, bisa jadi kita sederhanakan menjadi 1 kolom agar lebih hemat.

Mandor dan tukang yang jujur dan berpengalaman.

Nah ini rada gak teknis nih. Kita pasti bisa mencium gelagatnya. Bismillah saja.

Cari tahu harga bangunan

Ini sekarang mudah. Tinggal buka marketplace, kita udah bisa cari tahu harga bangunan yang murah dan berkualitas.

Rumah tumbuh

Iya, rumah yang bertumbuh. Ekstrimnya gini, kita bangun 1 kamar tidur, 1 kamar mandi dan ruang keluarga. Anggap saja tipe 21. Tapi tipe tersebut adalah bagian besar dari tipe misalnya tipe 70 yang memiliki 3 kamar tidur dll. Intinya kita rencanakan rumah seideal mungkin tapi kita bangun seminimal mungkin dan rumah akan kita bangun sesuai kebutuhan ruangnya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *