Mendesain kamar mandi berukuran kecil pastilah menjadi sebuah tantangan tersendiri bukan. Tapi tenang saja ga usah khawatir, di artikel ini kami akan membagi sejumlah trik biar kamar mandi kamu yang kecil dan mungil bisa keliatan plong dan lega. Berikut triknya:

Cahaya Alami 

Sudah pasti kamar mandi tidak punya banyak celah karena kamar mandi adalah ruangan yang sangat privat sekali. Kamu ga mau kan ada orang yang ngintip pas lagi di kamar mandi. Tapi di sisi lain, jendela bisa membuat ruangan jadi lebih terang.

Adanya jendela juga membantu kamu pas lagi cukuran bahkan kalau kamu lagi make-up an juga turut membantu.

Solusinya adalah gunakan jendela kaca patri (stained glass window)atau pakai tirai tembus pandang untuk menutupi jendela. Dengan begitukan cahaya alaminya dapat, sisi privasinya juga dapat.

Oh ya, ga cuman cahaya alami tapi jendela juga punya fungsi serupa yaitu menciptakan efek ruangan tampak lebih besar. Tetapi, jika kamar mandi tidak ada jendelanya, maka solatube bisa dijadikan alternatif untuk membawa pasokan cahaya alami.

Cahaya Tambahan

Cahaya tambahan alias lampu. Apa iya di kamar mandi ga pake lampu ? Nanti mau ambil sabun muka malah dapatnya shampoo, duh jadi perih tuh mata.

Gunakan lampu yang warnanya putih dan terang jangan pakai lampu yang warnanya kuning karena bisa bikin kamar mandi tampak gelap dan sumpek.

Pengaplikasian Warna

Pakai lantai keramik yang warnanya putih atau krem biar terkesan lebih luas. Warna terang dapat memantulkan cahaya lebih efektif sehingga sudut-sudut yang sulit terjangkau pun tetap terkena pantulan cahaya. Hal ini membuat kamar mandi terasa luas dan sejuk.

Namun, kalau sudah terlanjur warnanya gelap dan ga bisa direnovasi lagi atau malah kamu ga suka lantai warna terang, maka bisa diakali dengan sisi ruang lainnya seperti dinding dicat dengan warna terang  

Pilih Ukuran Besar

Ternyata ukuran lantai memiliki efek yang mirip dengan warna lantai soal visualisasi kamar mandi. Keramik dengan ukuran kecil mempunyai efek memotong ruangan jadi kalau pengen kamar mandinya terlihat lebih luas maka pilihlah keramik dengan ukuran besar.

Keramik ukuran besar dapat mengurangi garis yang tampak di permukaan lantai. Kalau memungkinkan, keseluruhan ruang kamar mandi kamu dipasang keramik yang sama.

Pasang Hingga Atas

Ga cuman lantai, tapi keramik juga bisa dipasang di dinding kamar mandi bahkan sampai menyentuh langit-langit. Jangan lupa, gunakan keramik yang permukaannya mengkilap biar bisa memantulkan cahaya alami di kamar mandi.

Usahakan Warna Senada

Usahakan pilih warna yang senada pada keramik lantai dan keramik dinding supaya menghasilkan garis lurus yang tak terputus ketika dipandang mata. Dengan begitu akan memberikan efek ruangan ini lebih luas daripada aslinya.

Jika kamu ingin membuat kamar mandimu berwarna-warni supaya tampak lebih ceria ya boleh-boleh aja, tapi asalkan ukuran kamar mandinya besar kalau ukurannya kamar mandinya kecil ya it’s a big no.

Disadur dari rumah.com

Categories: Desain Rumah

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *